PPL

Program Pendidikan Lingkungan (PPL) :

Tim PL YPTim Pendidikan Lingkungan dan Media Kampanye Yayasan Palung. Foto dok. YP

YP ajak siswa peduli sampah

Ayo go green, Yayasan Palung ajak siswa peduli sampah di SMP St. Augustinus, Ketapang, Kalbar. Foto dok. YP.

Foto bersama_SDN 5 Suka Maju_KKU

Puppet show di SDN 5 Suka Maju, Desa Pampang Harapan, Kabupaten Kayong Utara. Foto dok. YP

Profil Program Pendidikan Lingkungan, Yayasan Palung
Yayasan Palung, adalah organisasi konservasi yang mempunyai visi meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melindungi dan menjaga orangutan dan habitatnya serta keanekaragaman hayati hutan. Untuk mencapai visi tersebut, Yayasan Palung menjalankan beberapa program salah satunya adalah program pendidikan lingkungan.

Berikut program yang dijalankan Tim Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung dengan lingkup wilayah Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara:

1. Kunjungan Sekolah
– Puppet Show: pemberian materi tentang orangutan dan satwa-satwa yang dilindungi dengan menggunakan alat peraga boneka satwa. Kelompok sasaran kegiatan ini adalah tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD), bertujuan menumbuhkan kecintaan terhadap hutan dan satwa pada anak.
– Lecture: pemberian berbagai materi tentang lingkungan hidup dengan kelompok sasaran tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Saat ini terdapat kesepakatan kerjasama dengan 2 buah SMP yang berada di sekitar Taman Nasional Gunung Palung untuk lecture rutin selama 1 tahun. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak terhadap pentingnya perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup untuk generasi sekarang dan masa depan.

puppet show di SDN 17 SEJAHTERA

Puppet show di SDN 17 Sejahtera, Kabupaten Kayong Utara

– Pendampingan Ekstra Kurikuler :
1. Yayasan Palung mendampingi 6 organisasi Siswa Pencinta Alam (SISPALA) yaitu 4 SISPALA di Ketapang dan 2 SISPALA di Sukadana. Pendampingan SISPALA ini lebih menekankan pemahaman esensi SISPALA sebagai pecinta lingkungan yang berkontribusi untuk perbaikan kualitas lingkungan dan masyarakat, sehingga tidak hanya belajar keterampilan kepecintaalaman. Program ini bertujuan untuk menciptakan motivator lingkungan di kalangan generasi muda.
2. Field Trip: membawa siswa berkegiatan ke hutan dan pantai dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung, Pusat Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung dan wilayah lainnya di Kab. Ketapang dan KKU. Program ini berdasarkan permintaan dari pihak sekolah bertujuan untuk , dalam kegiatan ini siswa belajar tentang tumbuhan dan hewan, sistem kehidupan di dalam hutan, berlatih bertahan hidup di dalam hutan, dll. Program ini bertujuan untuk memperlihatkan realitas kondisi lingkungan baik kondisi yang masih baik maupun kurang baik kepada siswa untuk menumbuhkan kecintaan dan kesadaran menjaga lingkungan hidup khususnya hutan.
2. Peningkatan Kapasitas Guru
– Hampir setiap tahun diselenggarakan peningkatan kapasitas guru berupa seminar, pelatihan dan workshop. Guru juga dilibatkan dalam penyelenggaraan kegiatan seperti peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan sekolah. Program ini bertujuan untuk supaya guru dapat mengintegrasikan pendidikan lingkungan di sekolah.

4. Pembinaan Relawan Konservasi
– Pendampingan 2 organisasi Relawan Konservasi yaitu Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam/RK-TAJAM di Ketapang dan Relawan Bentangor untuk Konservasi/ReBonK di Sukadana. Kedua organisasi relawan ini berdiri sejak awal 2010 merupakan wadah generasi muda Ketapang dan KKU untuk berkontribusi dalam gerakan pelestarian lingkungan hidup. Anggota yang bergabung menjadi relawan dengan kisaran usia 14 – 20 tahun.
5. Pusat Pendidikan Lingkungan
– Pusat Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung dirancang menjadi pusat pengetahuan (knowledge center) masyarakat. Terdapat jalur pendidikan lingkungan/ laboratorium alam untuk anak TK/ SD (environmental education site/ green laboratory), perpustakaan hijau (green library), percontohan pertanian organik dan energi alternatif (green farming and energy display) dan tempat pelatihan (training center). Pusat pendidikan ini juga menjalankan program pemberdayaan masyarakat desa sekitar hutan yaitu kelompok pengrajin hasil hutan bukan kayu (HHBK) di 5 desa sekitar TNGP. Tujuan dari program ini adalah mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan.
6. Beasiswa Peduli Orangutan
– Yayasan Palung bersama Orangutan Republic dan Orangutan Outreach mulai tahun 2012 memberikan beasiswa kepada generasi muda Ketapang dan KKU untuk menempuh pendidikan Strata satu (S1).

Beberapa tulisan atau berita kegiatan Pendidikan Lingkungan dapat dilihat di :

Yayasan Palung Salurkan Beasiswa Peduli Orangutan pada Lulusan SMA

http://www.cendananews.com/2016/06/yayasan-palung-salurkan-beasiswa-peduli.html

http://www.mongabay.co.id/2014/07/03/menebar-virus-cinta-lingkungan-di-kaki-palung

http://pontianak.tribunnews.com/2014/04/30/boneka-bertutur-cerita-hutan-kalimantan-di-sekolah-dasar

http://pontianak.tribunnews.com/2014/03/07/bertutur-menggunakan-boneka-bercerita-tentang-hutan-dan-orangutan

http://pontianak.tribunnews.com/2013/07/17/yayasan-palung-ajak-siswa-peduli-masalah-sampah

http://pontianak.tribunnews.com/2014/08/25/ajak-kenali-orangutan-dengan-cara-lomba-mewarnai

http://pontianak.tribunnews.com/2014/08/15/yayasan-palung-gelar-komik-orangutan

http://pontianak.tribunnews.com/2014/07/19/tahun-2020-hutan-di-kalbar-sudah-habis

http://pontianak.tribunnews.com/2014/05/24/30-perwakilan-sekolah-dan-relawan-ikuti-pelatihan-kampanye-lingkungan

http://pontianak.tribunnews.com/2013/08/04/sharing-alam-liar-dengan-komunitas-foto

http://pontianak.tribunnews.com/2012/06/12/yayasan-palung-ketapang-gelar-lomba-kti

http://pontianak.tribunnews.com/2014/04/03/keliling-kampung-kampanye-lingkungan

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: