22 Organisasi dan Komunitas di Kayong Utara Melakukan Aksi Peduli Tsunami Selat Sunda

Foto 1 : Beberapa dari peserta dari gabungan organisasi dan komunitas di Kayong Utara saat melakukan penggalangan dana untuk aksi peduli tsunami Selat Sunda, pada 2-3 Januari 2019, kemarin. Foto dok: Yayasan Palung

Tanggal 2-3 Januari 2019 kemarin, sejumlah organisasi dan komunitas di Kabupaten Kayong Utara melakukan aksi peduli  tsunami Selat Sunda. Aksi Kayong peduli tsunami Selat Sunda tersebut merupakan aksi peduli (penggalangan dana) untuk membantu meringankan beban saudara/saudari kita yang mengalami musibah.

Pada saat melakukan aksi peduli (penggalangan dana), peserta dari gabungan organisasi dan komunitas melakukan aksi di beberapa kecamatan yang ada di Kayong Utara, yaitu Kecamatan Sukadana, Kecamatan Simpang Hilir, dan Kecamatan Teluk Batang.

Aksi peduli tersebut dilakukan oleh dari 22 organisasi dan komunitas yang ada di kabupaten Kayong Utara.


Foto 2 : Beberapa dari peserta dari gabungan organisasi dan komunitas di Kayong Utara saat melakukan penggalangan dana untuk aksi peduli tsunami Selat Sunda, pada 2-3 Januari 2019, kemarin. Foto dok: Yayasan Palung

Adapun organisasi dan komunitas yang ikut serta dan berpartisipasi dalam aksi Kayong Utara peduli tersebut diikuti oleh 22 organisasi dan komunitas antara lain; Kayong Informasi Peduli, genPi kayong Utara, Ikatan Pemuda Surau Baitussalam, Kayong Visual ART, Friends Journey, Sispala Tapal, POM Kayong Utara, Kayong Mania, Content Creator KKU, Supermoto Kayong Utara, Penikmat Senja, Kayong Utara Skateboard, REBONK, Laskar Berkarya Kalbar, Siapala Grepala, Sispala Garda Pena, EAK, Amfibi Reptile Indonesia, BNP Chapter Kayong Utara, Pandara, Sispala LAND, dan Sispala Gana Sanda. 


Foto 3 : Peserta dari gabungan organisasi dan komunitas di Kayong Utara Berfoto bersama saat melakukan penggalangan dana untuk aksi peduli tsunami Selat Sunda, pada 2-3 Januari 2019, kemarin. Foto dok: Yayasan Palung

Aksi gabungan peduli tsunami Selat Sunda ini didukung oleh Kayong Informasi Instagram. Dari 22 organisasi dan komunitas yang berada di Kayong Utara di bagi dibeberapa titik pada saat melakukan penggalangan dana, yaitu di Sukadana, Simpang Hilir, dan Teluk Batang.

Aksi gabungan tersebut dilakukan pada waktu pagi dari pukul 07.00-11.00 WIB dan dilanjut pada pukul 14.00-16.00 WIB. Di hari pertama, kegiatan aksi gabungan peduli tsunami selat sunda, mereka melakukan brifing dan pembagian lokasi selama 15 menit. Di daerah Sukadana terdapat beberapa titik lokasi yaitu di bundaran Tugu Durian, Simpang Empat, Pantai Pulau Datok, dan Gang Serong. Di Simpang Hilir terdapat 2 titik yaitu di tugu simpang empat Polsek, dan Simpang 3 pasar, dan di daerah Teluk Batang terdapat 2 titik yaitu pelabuhan dan simpang empat.


Beberapa dari peserta dari gabungan organisasi dan komunitas di Kayong Utara saat melakukan penggalangan dana untuk aksi peduli tsunami Selat Sunda, pada 2-3 Januari 2019, kemarin.

Selama melakukan aksi peduli pada tanggal 2-3 januari 2019 kemarin, ada sesuatu yang unik dari salah satu organisasi saat melakukan aksi, seperti yang dilakukan organisasi REBONK (Relawan Bentangor untuk Konservasi), saat mereka melakukan aksi peduli (penggalangan dana) dengan memakai topeng dengan bentuk salah satu hewan yang dilindungi oleh undang-undang. Alasan mereka memakai topeng pada saat aksi peduli adalah agar terlihat lebih unik dan dapat menghibur masyarakat yang memberi sumbangan.

Selain memakai topeng, organisasi REBONK mempunyai ide untuk melakukan aksi peduli, yaitu dengan cara menghibur pengunjung yang berada di pantai Pulau Datok dengan memainkan gitar dan bernyanyi. Masyarakat Kayong Utara dan sekitanya begitu antusias dengan aksi Kayong Utara peduli tsunami Selat Sunda tersebut, terlihat banyak masyarakat yang menyumbangkan uang mereka dengan iklas saat kami melakukan penggalangan dana, bahkan ada juga masyarakat memberi makanan dan minuman kepada pemuda yang melakukan aksi peduli.

Hari terakhir aksi gabungan Kayong Utara peduli tsunami Selat Sunda pada tanggal 3 Januari 2019, pukul 11.00 WIB, mereka berkumpul di pantai pulau datok untuk melakukan penghitungan dana yang telah terkumpul selama dua hari aksi peduli pada tanggal 2-3 Januari 2019 di tiga titik kecamatan yang ada di kabupaten Kayong Utara. Hasil perhitungan (rekapitulasi) aksi gabungan Kayong Utara peduli tsunami Selat Sunda yang diikuti 22 organisasi dan komunitas yang ada di kabupaten Kayong Utara pada 2-3 Januari 2019 adalah Total dari keseluruhan dana yang terkumpul sebanyak Rp 35.592.600 dan keseluruhan dana yang terkumpul akan disalurkan melalui Rumah Zakat Provinsi Kalbar, agar bisa sampai kepada saudara-saudari kita di Selat Sunda.

Maskur, yang merupakan salah satu panitia aksi peduli mengatakan; Alhamduillah kegiatannya cukup sukses dan hasilnya memuaskan, untuk kedepannya semoga tidak ada lagi bencana yang menimpa Negara Indonesia.

Penulis : Egi Iskandar – Relawan REBONK, Angkatan 8

Editor : Petrus Kanisius – Yayasan Palung

Iklan

About yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Posted on 7 Januari 2019, in Berita umum dan khusus, Info Orangutan, Kegiatan Yayasan Palung, Relawan Konservasi, YP. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: