Pekan Peduli Orangutan 2018, Memaknai Nilai Penting Orangutan untuk Menghindari Kepunahan

Orangutan Caring Week atau Pekan Peduli Orangutan 2018.jpg_1

Orangutan Caring Week atau Pekan Peduli Orangutan 2018.

Setiap tahun, pada tanggal 11-17 Nopember, warga dunia yang peduli pada pelestarian orangutan selalu menggelar rangkaian kegiatan Pekan Peduli Orangutan (PPO). Kegiatan ini dimaksudkan untuk terus mengingatkan kepada khalayak bahwa keberadaan satwa langka ini di alam liar harus terus diberikan perlindungan, Yayasan Palung rencananya juga akan memperingatinya pada  12 – 17 Nopember 2018, pekan depan.

Banyak faktor yang menyebabkan orangutan sangat terancam punah, tidak terkecuali luasan lahan yang semakin menyempit sebagai ekosistem dan keberlanjutan nafas hidup mereka. Selain juga terkait penegakan hukum yang masih lemah terhadap pelaku pelanggaran UU No. 5 Tahun 1990, tentang Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem dan peraturan perundangan lainnya yang terkait dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya konservasi alam yang masih dalam tataran normatif belum banyak yang sampai kepada aksi nyata.

Yayasan Palung bersama banyak lembaga dan warga dunia pada tahun 2018 memperingati Pekan Peduli Orangutan dengan mengangkat tema: “Valuing Orangutans over Profits to Avoid Extinction” (Memaknai Nilai Penting Orangutan untuk Menghindari Kepunahan).

Lembaga-lembaga yang merayakan OCW atau PPO 2018

Lembaga-lembaga yang merayakan OCW atau PPO 2018. Foto dok. #OCW2018

Adapun rangkaian kegiatan untuk memperingati Pekan Peduli Orangutan tahun 2018, Yayasan Palung akan mengadakan serangkain kegiatan yang akan dilakukan di SMAN 1 Jelai Hulu, serangkaian kegiatan yang rencananya akan dilakukan seperti aksi kecil untuk pelestarian satwa kebanggaan Indonesia ini, dengan harapan walaupun kecil mudah-mudahan berdampak besar pada ingatan siswa dan semua yang terlibat.

Kegiatan ini (PPO 2018) rencananya akan dilakukan secara bersama antara staf Yayasan Palung, guru dan siswa SMAN 1 Jelai Hulu antara lain adalah Workshop Membuat “Bottle Planter”, dan Workshop Membuat Pesan Kampanye Perlindungan Orangutan Kalimantan, kegiatan tersebut akan diselenggarakan oleh Yayasan Palung di Jelai Hulu.

Selain itu juga, serangkaian kegian lainnya di sela-sela PPO 2018, kami juga akan melakukan serangkaian kegiatan seperti  berkunjung ke sekolah-sekolah untuk berbagi informasi terkait lingkungan. Selain itu, diadakan pemutaran film lingkungan diskusi bersama masyarakat kait isu-isu kekinian yang ada di wilayah yang kami kunjungi tersebut.

Mengingat, mengapa kita semua (semua pihak) perlu dan penting untuk menjaga dan melindungi satwa seperti orangutan, diantaranya adalah; Pertama, Populasi satwa di alam liar semakin tahun kian menurun akibat dari tekanan aktivitas manusia seperti perambahan hutan, penebangan kayu, pembukaan daerah pertanian dan masifnya pembukaan lahan untuk perkebunan sawit skala besar, hutan tanaman industri dan pertambangan.

Hal lainnya lagi diperparah oleh adanya perburuan satwa untuk diperdagangkan bagian-bagian tubuhnya, dipelihara atau pun juga bahkan ada yang dimakan. Selanjutnya juga, keberadaan satwa liar seperti orangutan di hutan, dapat membantu meregenerasi hutan sehingga tercipta kesinambungan manfaat hutan bagi kehidupan manusia.

Selain itu, satwa yang ada di Indonesia merupakakan kekayaan flora dan fauna Indonesia yang tidak ternilai harganya. Keberadaan satwa liar menjadi kekayaan alam Indonesia yang keberadaannya menjadi sumber pengetahuan dan ispirasi serta kebanggaan bangsa Indonesia.

Keberagaman keanekaraman hayati yang terdapat di wilayah Indonesia tidak terkecuali satwa menjadi dasar kuat yang harus terus menerus untuk dilindungi, dijaga, dan dilestarikan. Bukan malah mengorbankannya dengan merelakan mereka malang, miris, menangis, atau pun membiarkan mereka mati terbunuh sia-sia, sengaja atau pun tak sengaja atau pula bahkan hilang regenerasi (punah) dimakan zaman.

Foto-foto dari serangkaian kegiatan dan foto para siswa yang melaksanakan kegiatan PPO 2018 juga akan diunggah ke media sosial, baik secara individu oleh siswa maupun oleh Yayasan Palung dengan menyertakan hastag/tagar #OrangutanCaringWeek2018 #yayasanpalung #SMAN1JelaiHulu #GoGreen #GreenCraft #JelaiHulu4Orangutans #OrangutanKalimantan sehingga aksi peringatan PPO ini tersebar secara luas, dan terkumpul informasinya dengan warga dunia yang melakukan aksi yang sama di belahan dunia yang lain /secara global.

Beberapa rangkaian kegian yang dilakukan ini, setidaknya sebagai bentuk penyadartahuan kepada pihak sekolah dan masyarakat luas terkait perlunya semua pihak untuk peduli sejak dini terhadap keberlanjutan nasib hidup dan terhindar dari kepunahan.

Dengan cara-cara sederhana berhrap orangutan dapat lestari dan diselamatkan dari ancaman kepunahan. Berharap pula, semoga rangkaian kegiatan Pekan Peduli Orangutan (PPO) 2018 yang akan diadakan di Jelai Hulu dapat berjalan sesuai rencana.

Tulisan ini juga dimuat di : Tribun Pontianak 

dan Kompasiana.com

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Iklan

About yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Posted on 9 November 2018, in Berita umum dan khusus, Info Orangutan, Kegiatan Yayasan Palung, YP. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: