Siapkan Enam Beasiswa Peduli Orangutan Kalimantan di Tahun 2017

foto-komik-bocs-2017-yayasan-palung

Foto Komik BOCS 2017. Yayasan Palung

Klik di sini untuk melihat komik BOCS 2017 :komik-bocs-tahun-2017-dok-yayasan-palung-dan-bocs

Siapkan Diri Kamu Untuk Peruntungan Beasiswa Peduli Orangutan Kalimantan (BOCS). Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini  Yayasan Palung (YP) bersama dengan Orangutan Republik Foundation (OURF) menyediakan 6 (enam) beasiswa program S-1 melalui Program Peduli Orangutan Kalimantan (Bornean Orangutan Caring Scholarship) 2017.

Mengingat, Yayasan Palung merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Adapun tujuan dari program beasiswa ini antara lain adalah untuk ; Pertama, Melahirkan generasi intelektual Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara yang mempunyai komitmen dan kepedulian yang tinggi terhadap upaya perlindungan dan penyelamatan Orangutan Kalimantan dan habitatnya. Kedua, Memberikan dukungan moril dan materil kepada generasi muda Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara untuk meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Ketiga, Memajukan kerjasama pendidikan tentang potensi kekayaan alam lokal antara pihak-pihak di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

Sedangkan untuk syarat dan ketentuan Penerima Beasiswa orangutan antara lain;  1. Yang berhak menerima beasiswa ini adalah calon mahasiswa/i yang berasal dari Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, diutamakan yang kurang mampu secara ekonomi.  2. Diusulkan oleh pihak sekolah dan atau atas usulan siswa bersangkutan namun meminta rekomendasi dari pihak sekolah. Setiap sekolah berhak mengusulkan 2 (dua) orang siswa. 3. Diperuntukkan bagi calon mahasiswa/i yang berencana kuliah di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Propinsi Kalimantan Barat. 4. Bersedia melakukan penelitian skripsi berkaitan dengan aspek-aspek perlindungan dan penyelamatan Orangutan Kalimantan. 5. Memiliki prestasi yang baik, berkomitmen untuk konservasi dan mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar / kuliah hingga selesai.

Sedangkan Persyaratan Pendaftaran: Formulir pendaftaran dapat diperoleh di sekolah masing-masing, diisi dengan lengkap ;

  •       Menyertakan fotocopy berkas sebagai berikut:
    1. Raport dari semester 1 – 5 sebagai kualifikasi akademis
    2. Surat pengantar dari kepala sekolah
    3. Surat dukungan / referensi dari wali kelas / guru yang mengetahui keadaan siswa
    4. Fotocpy Kartu Keluarga (KK)
  • Membuat motivation letter atau pernyataan motivasi yang berisi tentang Biografi (menceritakan tentang diri dan keluarga Anda, alasan Anda harus diterima sebagai penerima beasiswa, fakultas dan jurusan di Universitas Tanjungpura Pontianak, yang dipilih dan alasan memilihnya), minimum 200 kata. Pernyataan motivasi ini bisa ditulis tangan atau diketik, diserahkan sebanyak 3 (tiga) rangkap.
  • Membuat Esai tentang manfaat pendidikan yang akan Anda terima bagi daerah Anda. [Ceritakan berangkat dari apa yang terjadi / keadaan alam dan lingkungan di daerah anda saat ini, apa peran pemerintah, swasta dan masyarakat terkait dengan keadaan tersebut. Berdasarkan keadaan tersebut, apa perbedaan yang akan Anda lakukan ketika sudah menjadi sarjana untuk konservasi di daerah Anda]. Esai dibuat dengan ketentuan, buah pikiran sendiri / orisinil dengan panjang 1000 kata, menggunakan gaya bahasa populer dengan kaidah 5 W 1 H (What, Who, When, Where, Why, How).
  • Berkas pendaftaran dapat diserahkan langsung ke Yayasan Palung (baik kantor di Ketapang maupun di Bentangor Desa Pampang Kec. Sukadana) atau melalui jasa pengiriman paling lambat 14 Maret 2017.

Sedangkan tahap seleksi dimulai dengan seleksi berkas, motivation letter dan esai. Peserta yang lulus seleksi tahap I ini akan mengikuti tahap seleksi II / akhir. Surat pemberitahuan hasil seleksi tahap I akan dikirim ke sekolah-sekolah, juga akan ada pemberitahuan kepada pendaftar melalui telpon dan pesan singkat (sms) pada 17 Maret 2017.

Seleksi lanjutan, yaitu presentasi dan wawancara. Peserta seleksi diwajibkan mempresentasikan motivation letter, alasan memilih fakultas dan jurusan di UNTAN dan esai yang disajikan dalam power point (ppt), serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh tim juri. Seleksi ini akan dilaksanakan pada 28 Maret 2017 di Kantor Yayasan Palung di Ketapang. Nilai seleksi tahap I tidak ditambahkan pada nilai seleksi tahap II, nilai seleksi tahap I hanya untuk penentuan peserta seleksi tahap II.

Sedangkan pengumuman penerima beasiswa yang lulus seleksi tahap akhir akan disampaikan melalui surat resmi kepada pihak sekolah pada tanggal 28 Maret 2017. Selanjutnya, penerima beasiswa yang lulus seleksi akan menandatangani Kesepakatan Penerima Beasiswa pada Malam Anugrah Beasiswa Peduli Orangutan Kalimantan pada Juni 2017 (jadwal masih tentatif).

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Yayasan Palung, Jl. Kol. Sugiono Gg. H. Tarmizi No. 5 Ketapang. (Telp/Fax: 3036367) dan Pusat Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung  Bentangor, Dusun Pampang Desa Pampang Harapan, Kec. Sukadana, KKU.

By : Yayasan Palung

 

 

 

 

 

2 Comments on “Siapkan Enam Beasiswa Peduli Orangutan Kalimantan di Tahun 2017

  1. Orang utan makhluk Tuhan. Yg harus dilindungi
    Beasiswa ini ibaratkan memanusiakan orang utan karena. Dapat merubah manusia yg berekonomi bawah menjadi lebih baik.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.